Sunday, March 4, 2007

DAFTAR ISTILAH DAN SINGKATAN



 


 


Sekedar berbagi info…Mengingat banyaknya kecelakaan transportasi, khususnya udara, di Indonesia akhir-akhir ini










































































































































AOC


Air Operator Certificate – Ijin yang diberikan kepada operator penerbangan.


AMO


Approved Maintenance Organisation – Ijin yang diberikan kepada perusahaan / badan perawatan pesawat.


ICAO


International Civil Aviation Organisation – Badan organisasi penerbangan sipil dunia yang bermarkas di Canada. Indonesia adalah anggota ICAO.


IATA


International Air Transportation Association – Organisasi angkutan udara international.


ICAO Annex


Peraturan – peraturan penerbangan yang dikeluarkan oleh ICAO yang wajib diimplementasikan oleh anggotanya dengan membuat aturan yang mengacu padanya.


CASR


Civil Aviation Safety Regulation – Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil yang dikeluarkan dengan Keputusan Menteri Perhubungan.


KNKT / NTSC


Komite Nasional Keselamatan Transportasi / National Transport Safety Committee – Badan yang berwenang menyelenggarakan penyelidikan keselamatan transportasi di Indonesia.


NTSB


National Transport Safety Board – Badan seperti KNKT di Amerika


DGCA / Dirjen Hubud


Directorate General of Civil Aviation / Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.


DSKU


Direktorat Sertifikasi dan Kelaikan Udara – Direktorat di bawah Dirjen Perhubungan Udara.


FAA


Badan seperti DSKU di Amerika.


CASO


Company Aviation Safety Officer – Pejabat di operator penerbangan (airlines) yang sudah mendapat pelatihan khusus dan bertanggung jawab mengelola keselamatan di perusahaannya.


ATC


Air Traffic Controller – Pengatur lalu lintas udara


Accident


Kejadian dalam penerbangan yang menyebabkan orang meninggal atau luka parah dan atau pesawat rusak parah.


Fatal Accident


Kejadian dalam penerbangan yang menyebabkan orang meninggal dunia.


Incident


Kejadian dalam penerbangan yang berhubungan dengan keselamatan selain dari pada accident.


Serious Incident


Kejadian dalam penerbangan dimana accident hampir terjadi / mendekati accident.


IIC


Investigator In Charge, penanggung jawab investigasi untuk suatu kasus accident / incident.


Take off


Tinggal landas – Proses pesawat dari diam di landasan sampai dengan terbang setinggi 35 feet di atas landasan.


Rejected Take Off / Aborted take off


Pembatalan take off karena suatu sebab yang mana atas pertimbangan pilot penerbangan tidak aman untuk dilanjutkan.


Approach


Proses mendekati runway untuk pendaratan.


Landing


Proses pesawat berada 50 feet di atas landasan sampai dengan berhenti.


Rejected Landing / Go around


Pembatalan landing karena suatu sebab dan pesawat kembali mengudara.


Emergency landing


Pendaratan darurat karena kerusakan pesawat.


Ditching


Pendaratan darurat di air.


Belly landing


Pendaratan tanpa menggunakan roda pendaratan.


Runway


Landasan – Area persegi panjang yang diperuntukkan untuk pesawat take off dan landing.


Taxi way


Area / jalan yang dipakai untuk pesawat bergerak selama di darat.


Stop Way


Area persegi yang merupakan perpanjangan landasan yang diperuntukan dalam kondisi darurat (pembatalan take off atau pendaratan).


RESA


Runway End Safety Area – Area di perpanjangan landasan yang harus bebas dari benda atau bangunan yang membahayakan keselamtan penerbangan.


Apron


Area tempat parkir pesawat.


Overrun


Kejadian pesawat keluar landasan melewati / melebihi stopway.


Alternate Airport


Bandara alternative jika pendaratan di bandara tujuan tidak bisa dilaksanakan.


Divert / diversion


Pengalihan pendaratan menuju alternate airport.


RTA


Return To Apron – Pesawat kembali ke apron karena suatu hal dan menunda keberangkatan.


RTB


Return To Base – Pesawat yang telah terbang kembali ke bandara keberangkatan karena suatu hal.


PF


Pilot Flying – Pilot yang dalam suatu penerbangan bertindak untuk mengendalikan pesawat.


PNF


Pilot Non Flying – Pilot yang dalam suatu penerbangan membantu tugas PF antara lain melakukan komunikasi dengan ATC. Dalam 1 hari PF dan PNF dapat saling bergantian.


PIC


Pilot In Command – Penanggung jawab / pimpinan suatu misi penerbangan. Harus seorang captain pilot.


MEL


Minimum Equipment List – daftar minimum kelengkapan pesawat yang dijinkan untuk melaksanakan penerbangan. Hal ini diperlukan jika ada komponen / instrument yang rusak.


Grounded


Pesawat yang dinyatakan tidak layak untuk terbang, atau ijin terbangnya di cabut untuk sementara atau permanent.


RAMP Check


Pemeriksaan yang dilakukan di bandara baik terhadap pesawat, awak pesawat dan faktor pendukung lainnya.


Audit


Pemeriksaan yang dilakukan terhadap kelengkapan dokumen / manual dan kesesuaiannya dengan aturan yang ada.


Inspeksi


Pemeriksaan yang dilakukan implementasi dilapangan terhadap aturan yang berlaku di perusahaan.

3 comments:

  1. Kl liat berita byk kecelakaan pesawat di indo ngeri banget deh.....

    ReplyDelete
  2. kalo naek pesawatnya lebih stres lagi,say....sebelum take off pikiran gw kayak orang mau mati aja. soalnya kebayang kasus2 kecelakaan yang macem2 gitu..:-((

    ReplyDelete
  3. Don't feel like that.. Just enjoy the Flight.... :)
    We as a pilot, will give and do the best.
    Nice article sist..

    ReplyDelete